BW Ditangkap, BG Tersangka, Konspirasi Politik Selimuti KPK & Polri

Pagi ini mendapat broadcast message di BBM sebuah link berita dari detik.com yang mengabarkan Bambang Widjayanto pimpinan KPK ditangkap oleh Bareskrim.

Kabar tersebut bersumber dari Deputi Pencegahan KPK Johan Budi, tapi tidak dijelaskan alasan penangkapan terhadap BW. Ada apa sebenarnya antara institusi Polri dan KPK? Info, keduanya, Polri dan KPK punya kewenangan untuk menangani kasus korupsi.

Menurutku konspirasi di negeri ini terlalu tinggi. Masyarakat awam yang tidak ikut dalam konspirasi hanya bisa berwacana berpendapat dan berkemungkinan, tapi kepastian situasi dan kondisi yang terjadi hanya mereka yang berkonspirasi dan Tuhan yang tahu.

Sedikit kronologi, sebelum fit dan proper test calon tunggal Kapolri oleh Komisi III DPR RI beberapa waktu lalu, KPK sigap menetapkan Budi Gunawan (calon tunggal pimpinan kepolisian pilihan presiden) sebagai tersangka dalam kasus ‘rekening gendut’ dan menjadi perbincangan panas. BG diduga menerima uang dari berbagai pihak. Menurut KPK hal ini sudah sesuai dengan prosedur.

Tak lama berselang, komisi hukum DPR RI tetap menggelar uji kepatutan dan kelayakan, dan menerima BG sebagai Kapolri. Presiden Joko Widodo rupanya memiliki kebijakan lain. Berbekal dasar dari KPK, Jokowi memutuskan menunda pelantikan BG.

Tak lama berselang, pagi ini BW ditangkap Bareskrim Polri. Pertanyaannya jika saat ini bukan konspirasi politik sedang terjadi antara penegak hukum terus namanya apa ya? Baik Polri dan KPK sudah berada di ranah abu-abu politik. KPK bukan dewa, Polri pun bukan, yang jelas ini sebuah konspirasi.

Siapa yang benar dan siapa yang salah? Konspirasi hanya diketahui pelaku. Sampai saat tulisanku ini ditulis belum ada informasi lanjutan tentang kabar ini.

Saya lulusan Kampus Tercinta Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jakarta dari Fakultas Ilmu Komunikasi konsentrasi ilmu Jurnalistik 2007-2011. Semasa kuliah aktif di Himpunan Mahasiswa Islam (HMI). Yakin Usaha Sampai untuk Iman Ilmu dan Amal.

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer